• September 2008
    M T W T F S S
    « Aug   Nov »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Meta

  • Blog Stats

    • 28,629 hits
  • Delicious Links

Bunda…radya mo baca Qur’an..

Beberapa hari yang lalu sepulang shalat tarawih di mesjid Ash-Shirath yang terletak di depan rumah, aku en ayahnya radya surprise banget ketika tiba2 radya bilang: Bunda… radya mo baca Qur’an… . Loh kenapa pake surprise segala? Karena kita emg blom pernah secara serius ngajarin dia huruf hijaiyah, en baru ngerencanain mo beli VCD interaktif tentang belajar Iqra. Eh tiba2 dia dah minta belajar Iqra duluan (kalo menurut radya sih bukan belajar Iqra, tapi baca Qur’an). Mungkin karena sebelum puasa sering banget nonton VCD Syamil (kita beli yang Kado Anak Shalih 6 CD) en juga mungkin karena pas puasa kita jadi sedikit lebih rajin baca Qur’an, jadi dia termotivasi untuk ikut baca (hehehe jadi ketauan kalo sebelum puasa ngga terlalu rajin baca Qur’an, jadi maluu :D).
Lagian, biasanya kalo kita lagi baca Qur’an pun biasanya radya-nya cuek2 aja, paling cuma nanya: bunda, ayah, lagi ngapain? Atau paling banter juga dia minta Qur’an-nya dia (buku Iqra maksudnya) waktu kita masing2 dah pegang satu Qur’an, tapi cuma untuk diliat2 aja. Dulu aku emg pernah nyoba ngajarin radya Iqra tapi dia masih blom bisa bedain huruf2nya. Waktu itu aku pikir ya udah tar aja deh ngga usah dipaksain dulu. Kebetulan waktu itu dia lagi seneng2nya belajar huruf latin, so daripada tar malah dia jadi bingung en dua2nya malah ngga nyantol sama sekali, ya udah ngga usah dibujuk2 buat belajar Iqra. En alhamdulilah radya udah tau huruf latin sejak umur kurang dari 3 tahun, dan saat ini mulai aku arahkan untuk belajar baca, sambil maen tentunya. Untuk keperluan ini aku dah beliin VCD interaktif mengenai lancar baca melalui lagu dari Cantol Roudhoh.
Lalu kenapa aku blom juga ngajarin radya huruf hijaiyah? Ya karena aku takut dia jadi bingung karena pengucapannya hampir sama ma huruf latin en aku juga ngga mau maksain dia dalam belajar.
Kembali ke radya yang mau baca Qur’an, tadinya kami pikir paling2 dia cuma mo balik2 halamannya aja, so ayahnya ngambilin buku Iqra en ngajarin dikit pada halaman pertama, abis itu giliran radya yang baca: A-A, A-Ba, Ba-A-Ba dst. Subhanallah, radya bisa lancar mengucapkan huruf demi huruf yang ada pada lembar pertama, trus kita coba lagi untuk ke halaman dua, en kita juga ngenalin dulu huruf yang baru yaitu Ta, abis itu radya baca sampe bawah, eh ternyata dia bisa juga. Sebagai hadiah, tiap kali dia selesai baca 1 lembar, aku en ayahnya ngasih cipika cipiki ke dia deh. Nah pada waktu2 berikutnya, selesai shalat di masjid, biasanya dia minta baca Qur’an lagi. Setelah dia baca 1-2 lembar, biasanya abis itu radya bilang: sekarang ayah ma bunda ya.. ayah ma bunda bisa ngga? Hehe, aku en ayahnya kebagian juga baca 1-2 lembar. Abis itu, aku en ayahnya di kasih hadiah cipika cipiki ma radya sambil bilang: ayah en bunda pinteerr banget (hehe dia copy paste apa yang biasanya kami lakukan ke dia). Trus kalo dah selesai, biasanya kita bacain lembar yang belum dia kenal biar dia bisa kenal en hapal dalam beberapa sesi berikutnya. Alhamdulillah sekarang radya udah bisa kenal sampe huruf Da (A Ba Ta Tsa Ja Ha Kha Da), atas inisiatif dia sendiri, hehehe..
Mungkin anak2 lain sudah lebih dulu bisa baca Iqra dari radya, tapi “kado” yang telah radya berikan kepada kami sungguh membuat kami sebagai orang tuanya terharu, dan tentu saja bangga. Makasih ya nak, moga2 engkau diberikan kemudahan oleh Allah dalam mempelajari ilmu-ilmuNya. En moga2 engkau bisa menghafal beberapa juz dari AlQur’an (di mana kami orangtuamu belum bisa melakukannya), apalagi kalau bisa menjadi hafidz yang hafal 30 juz, kami akan sangat mensyukurinya. Doa dan support kami untukmu sayanggg…

One Response

  1. subhanallah….. mudah2an kelak menjadi anak sholeh
    yang bibirnya selalu basah dengan dzikir dan do’a buat kedua orang tuanya
    dan mudah2an Allah swt selalu menyatukan di keindahan taman surgaNYA……

    Amiin makasih doanya pakde..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: