• August 2008
    M T W T F S S
    « Jul   Sep »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Meta

  • Blog Stats

    • 28,629 hits
  • Delicious Links

Kalo gudeg ketemu rendang..

Kalo gudeg ketemu rendang.. begitulah keluarga kecil kami.. Ya dua budaya yang berbeda bertemu di piring rumah tangga.. Aku yang keturunan minang dan lahir serta dibesarkan di pekanbaru, bertemu dengan mas yang dari panggilannya aja ketauan dari jawa…😀
Banyak perbedaan dan kebiasaan yang kadang2 bikin kita sebel en kadang juga senyum2 sendiri hehe itulah rumah tangga. Bayangin aja aku yang dari sumatera, kata suamiku kalo ngomong rada kenceng (padahal menurutku biasa aja tuh), ketemu ma mas yang ngomongnya rada pelan (khas jawa bgt deh) hihi..maklum dari jateng en lumayan lama di jogja. Apalagi dulu aku suka kesel banget klo mas ketemu en ngobrol ma orang jawa juga.. pasti deh ngomongnya pake bahasa jawa en kadang jawa kromo lagi..(katanya gak pas kalo ngobrol ma sesama jawa pake bahasa indo). Padahal aku sama sekali gak ngerti so jadi ngerasa berada diplanet lain aja. Apalagi waktu kita dah nikah en kebetulan ngelahirin di rumah mertua di jawa, aku bingung banget klo tetangga yang ngajak ngobrol pake bahasa jawa..alamaakk aku cuma bisa bengong aja…😀 .
Untungnya keluarga mas setiap ngobrol denganku pake bahasa indo. Sampe2 mas ngasih trik ma aku klo orang2 pada ketawa ikut ketawa aja😀.. Padahal aku gak tau mereka ngomong apa hehe.. Tapi 3 bulan di sana en pas banget dapet yang ngebantuin di rumahku juga ga bisa bahasa indo nah lo.. Bikin aku berusaha keras untuk ngerti en paham maksudnya..Alhamdulilah sekarang aku dah lumayan ngerti klo ada yang ngomong pake bahasa jawa, paling aku jawabnya pake bhs indo karena aku gak bisa ngomongnya.
Klo mas sih enak 4 tahunan di pekanbaru dia bisa ngerti dikit bahasa minang, karena boleh dikatakan bahasa gaulnya ya bahasa minang..cuma pernah juga bengong waktu diajak ngobrol ma nenekku yang gak bisa ngomong bahasa indo.. Akhirnya pake bahasa isyarat deh hihihi. Tapi nenekku justru sayang banget ama mas..
Tapi justru hal ini yang aku pengen dari dulu hehe dulu pernah punya cita cita bisa punya pasangan dari jawa biar nambah 1 lagi keanekaragaman budaya di keluarga besarku yang kebetulan abang en kakak iparku dari banyak daerah (sunda, batak, melayu, minang, palembang en nambah atu lagi dari jawa).
Mudah2an budaya yang berbeda diantara aku en mas menjadi perekat dan membuat rumah tangga kami menjadi rumah tangga yang penuh warna, en tentu aja sakinah, mawaddah, warrahmah. Amiin..
Matur nuwun nggih ingkang sampun kerso pinarak😀

4 Responses

  1. indonesia banget gitu loh….

    iya pakdhe, kalo kata guru ppkn: bhineka tunggal ika gitu loh😀

  2. dinamika nikah beda suku ya diak. uni nikah sm abang, orang aceh juga gitu, lbh payah lagi, gak satu patah katapun ngerti wkt pertama kesana😀

    met ramadhan yo

    hehehe, sama uni. aku dulu jg ga ngerti sama sekali tentang bahasa jawa waktu pertama kali ke sana. met puasa ramadhan jg yo..

  3. Ananda Iwet…

    Lucu juga ya,,,kalau 2 kultur jadi satu kesatuan ,,,,tapi makin indah …..dalam banyak hal perbedaan,justru ada kesamaan yang membuat 2 keluarga besar makin harmonis,akrab,menyayangi.
    kalau besan Ibu sama2 Wong Jowo….gak tahu nih anak laki2 nomor dua, dan si bungsu perempuan,,,Ibu doakan….jodohnya siapa saja,,,asal manfaat dunia akhirat..

    Betul bu Dyah, di antara kami memang ada lucunya dan ada indahnya juga. Mohon doanya ya bu, biar keluarga kami makin harmonis, dan saling menyayangi. Moga2 putra putri ibu juga mendapatkan jodoh terbaik, yang mendapat ridho Allah dunia dan akhirat. Amiin..

  4. whahahaam gak bisa bayangin mbak…..mmm maaf mbak saya baru kesini, tapi suer seru deh bayangin cerita mbak…salam kenal ya mbak…oh iya saya juga mengundang uni buek nongkrong tampiek aden di http://www.opotangkring.wordpress.com

    Salam kenal kembali mas…makasih undangannya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: